Aplikasi Pengelolaan Tugas Belajar Jumat, 18 Agustus 2017

Aplikasi Pengelolaan Tugas Belajar
V.1.2
2012

Aplikasi Pengelolaan Tugas Belajar merupakan aplikasi yang dikelola oleh Sub Bagian Penilaian dan Pengembangan Kompetensi Biro SDM BPK RI (PPK Biro SDM BPK RI) untuk membantu proses mekanisme penyaringan beasiswa untuk pegawai dalam lingkungan BPK RI serta pemantauan karya siswa yang sedang dalam proses tugas belajar.

Tim Development
Design & Programming (Pratomo H)
Supporting Team (Iwan A W, Ira Ismaniar)
OK

Contact Us

Bila ada pertanyaan, kritik atau saran terkait dengan tugas belajar silahkan menghubungi Sub Bagian Penilaian dan Pengembangan Kompetensi Biro SDM BPK RI (PPK Biro SDM BPK RI) melalui email program.beasiswa@bpk.go.id atau ext. 1240/1241.

OK
 
Aplikasi Pengelolaan Tugas Belajar merupakan aplikasi pendukung untuk mengelola aktifitas-aktifitas yang terkait dengan program tugas belajar dalam lingkup Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.
Tujuan pengembangan aplikasi ini adalah :
  • Mendukung transparansi mekanisme pegawai memporeh kesempatan dalam proses seleksi tugas belajar.
  • Mendukung fungsi Penilaian dan Pengembangan Kompetensi (PPK) biro SDM BPK RI dalam melakukan pemantauan dan supervisi terhadap pelaksanaan tugas belajar.
  • Sebagai media informasi dan komunikasi antar pihak yang terkait.
 Daftar Beasiswa

Tahun   : 2017
Jenis   : Shortcourse
Kode   : Program Sertifikasi Profesi CFE Angkatan II Tahun 2017
Pembiayaan   : BPK
Keterangan   : Dalam rangka pengembangan kompetensi sumber daya manusia BPK dan pemenuhan kebutuhan pegawai bersertifikasi Certified Fraud Examiner (CFE), Biro SDM menyelenggarakan Program Sertifikasi Profesi CFE Angkatan II Tahun 2017 bagi pegawai BPK. Program sertifikasi meliputi CFE review course dan CFE exam. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 3 Juli s.d 6 Agustus 2017.
Selengkapnya...
Pilihan Pend.   :
Prasyarat   : Minimum IPK = 0.00, Wajib Dipenuhi
1. PNS dengan masa kerja minimal 5 tahun
2. Tidak memiliki sertifikasi CFrA
3. Diutamakan bagi yang belum memiliki sertifikasi profesi
4. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin maupun proses Ankum atau MKKE
5. Diusulkan oleh Eselon II dari unit kerja yang bersangkutan atau yang dikuasakan (Plh.)
6. Mendapat rekomendasi dari atasan setingkat eselon II
7. Pendidikan terakhir minimal S-1 atau D-IV
8. Pengalaman pemeriksaan minimal 4 tahun (satu tahun diwakili dengan satu Surat Tugas Pemeriksaan)
9. Diutamakan bagi pegawai yang pernah: (a) Melakukan pemeriksaan investigasi; (b) Melakukan pergitungan kerugian negara; (c) Menjadi saksi atau memberikan keterangan ahli di persidangan; (d) Membuat temuan berindikasi fraud dan disampaikan ke APH
10. Mengisi dan menandatangani Curriculum Vitae dan Surat Pernyataan
11. Memiliki sertifikat TOEFL/IELTS yang masih berlaku dengan skor minimal: 523 (TOEFL ITP) atau 69 (TOEFL iBT) atau 5,5 (IELTS)
12. Bersedia mengikuti seluruh tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro SDM dan mematuhi segala kebijakan pengembangan kompetensi SDM
13. Menyusun Motivation Letter (500 kata dalam Bahasa Inggris)
14. Menyusun Reflective Paper (750 - 1500 kata dalam Bahasa Inggris)
Status   : Proses Seleksi
Tahapan Proses   :
Buka Pendaftaran, 3/7/2017 s.d. 6/8/2017
Seleksi Administrasi dan Paper, 7/8/2017 s.d. 8/9/2017
Seleksi Wawancara, 25/9/2017 s.d. 26/9/2017
Tahun   : 2017
Jenis   : Shortcourse
Kode   : Program Sertifikasi Profesi CiISA Tahun 2017
Pembiayaan   : BPK
Keterangan   : Dalam rangka pengembangan kompetensi sumber daya manusia BPK, Biro SDM menyelenggarakan Program Sertifikasi Profesi Certified Information System Auditor (CISA) Tahun 2017 bagi pegawai BPK. Program sertifikasi meliputi CISA review course dan CISA exam. Jumlah peserta yang dibiayai untuk mengikuti program sertifikasi tersebut adalah 20 (dua puluh) orang. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 8 Juni 2017 sampai dengan 7 Juli 2017.
Selengkapnya...
Pilihan Pend.   :
Prasyarat   :
1. Berstatus sebagai PNS dengan masa kerja minimal 5 (lima) tahun;
2. Diutamakan bagi pegawai yang belum memiliki sertifikasi profesi;
3. Bersedia mengikuti seluruh tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro SDM;
4. Bersedia mematuhi segala kebijakan pengembangan kompetensi SDM;
5. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin maupun proses Ankum atau MKKE;
6. Diusulkan oleh Eselon II dari Unit Kerja yang bersangkutan atau yang dikuasakan (Plh.);
7. Mendapatkan rekomendasi dari atasan setingkat eselon II;
8. Pendidikan terakhir minimal setingkat S-1/D4, diutamakan pada area studi Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Elektro, Akuntansi;
9. Diutamakan bagi pegawai yang memiliki pemahaman terhadap: (a) Sistem Informasi/Teknologi Informasi/Keamanan Sistem Informasi; (b) IS Audit Process; (c) IT Governance; (d) System & Infrastructure Life Cycle Management; (e) IT Service Delivery & Support; (f) Protection of Information Assets; (g) Business Continuity & Disaster Recovery;
10. Mempunyai pengalaman pemeriksaan minimal 4 (empat) tahun (dibuktikan dengan melampirkan Surat Tugas Pemeriksaan, satu tahun diwakili dengan satu Surat Tugas Pemeriksaan);
11. Mengisi dan menandatangani Curriculum Vitae dan Surat Pernyataan sebagaimana terlampir;
12. Memiliki sertifikat TOEFL/IELTS yang masih berlaku dengan ketentuan skor minimal sebagai berikut: 525 (TOEFL ITP) atau 69 (TOEFL iBT) atau 5,5 (IELTS);
13. Menyusun Motivation Letter dan Reflective Paper hasil karya sendiri, tidak melakukan plagiarisme, dan bersedia menerima sanksi serta didiskualifikasi apabila terbukti melakukan plagiarisme atau menyampaikan paper hasil karya orang lain;
14. Motivation Letter disusun dengan ketentuan sebagai berikut: (a) Jumlah kata min 500; (b) Bahasa Inggris; (c) format file harus dalam .doc/.docx;
15. Reflective Paper disusun dengan ketentuan sebagai berikut: (a) Jumlah kata 750 1.500; (b) Bahasa Inggris; (c) format file harus dalam .doc/.docx;
Status   : Proses Seleksi
Tahapan Proses   :
Buka Pendaftaran, 8/6/2017 s.d. 7/7/2017
Seleksi Administrasi, 10/7/2017 s.d. 11/7/2017
Seleksi Penilaian Paper, 12/7/2017 s.d. 13/7/2017
Seleksi Tulis, 19/7/2017 s.d. 20/7/2017
Seleksi Wawancara, 26/7/2017 s.d. 27/7/2017
Pengumuman hasil Seleksi, 26/7/2017 s.d. 28/7/2017
Tahun   : 2017
Jenis   : Shortcourse
Kode   : Secondment Australia 2017
Pembiayaan   : GPF Australia
Keterangan   : Menindaklanjuti Nota Dinas Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional Nomor 713/ND/X.2/05/2017 tanggal 22 Mei 2016 perihal permohonan bantuan seleksi auditor untuk program secondment pemeriksaan laporan keuangan di Australia, Biro SDM akan melaksanakan seleksi kepada para pegawai BPK yang berminat untuk mengikuti program tersebut. Beberapa informasi terkait kegiatan secondment tersebut adalah sebagai berikut:
1. Topik kegiatan: Secondment Pemeriksaan Laporan Keuangan
2. Peserta: Dua orang auditor
3. Waktu Pelaksanaan: Tiga bulan (17 Juli s.d. 15 September 2017)
4. Tempat Pelaksanaan
Kantor Pusat AO NSW (Audit Office of New South Wales), Sydney, Australia

Mengingat terbatasnya waktu, pendaftaran dibuka mulai tanggal 23 30 Mei 2017 melalui http://tugasbelajar.bpk.go.id.

Selengkapnya...
Pilihan Pend.   :
Prasyarat   :
1. Pemeriksa pada unit kerja pemeriksaan
2. Mempunyai pengalaman pemeriksaan laporan keuangan minimal 3 (tiga) tahun yang dibuktikan dengan melampirkan Surat Tugas Pemeriksaan (satu tahun diwakili dengan satu Surat Tugas Pemeriksaan).
3. Diutamakan bagi pegawai yang belum pernah mengikuti kegiatan secondment.
4. Bagi pelamar perempuan tidak sedang dalam kondisi hamil pada saat pendaftaran
5. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik, dibuktikan dengan sertifikat TOEFL/IELTS yang masih berlaku (tanggal tes paling lama: 31 Mei 2015), dengan ketentuan skor minimal sebagai berikut: 530 (TOEFL ITP) atau 71 (TOEFL iBT) atau 6 (IELTS).
6. Bersedia mengikuti seluruh tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro SDM.
7. Bersedia mematuhi segala kebijakan pengembangan kompetensi SDM.
8. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin maupun proses Ankum atau MKKE.
9. Diusulkan oleh Eselon II dari Unit Kerja yang bersangkutan atau yang dikuasakan (Plh.).
10. Mendapatkan rekomendasi dari atasan setingkat eselon II (format terlampir).
11. Menandatangani Surat Pernyataan (format terlampir).
12. Mengisi dan menandatangani Curriculum Vitae (format terlampir).
13. Menyusun Motivation Letter minimal 500 kata dalam Bahasa Inggris, sekurang-kurangnya meliputi unsur-unsur sebagai berikut: (a) Tujuan mengikuti kegiatan secondment; (b) Manfaat keikutsertaan kegiatan secondment bagi pengembangan satuan kerja ybs. dan BPK;(c) Kesesuaian tugas pokok dan fungsi, pengalaman penugasan, latar belakang pendidikan maupun pelatihan yang pernah diikuti yang terkait dengan secondment; dan (d) Karakteristik kekuatan individu dan kesesuaiannya untuk mengikuti secondment.
14. Menyusun Reflective Paper, 750 1500 kata dalam bahasa Inggris, dengan topik Pemeriksaan Laporan Keuangan, sekurang-kurangnya meliputi unsur-unsur sebagai berikut: (a) Pemahaman atas topik; (b) Refleksi atas praktek topik yang ada di BPK maupun Indonesia; dan (c) Alternatif solusi yang mungkin dilakukan dalam peningkatan praktek topik di BPK maupun Indonesia.
Status   : Proses Seleksi
Tahapan Proses   :
Buka Pendaftaran, 23/5/2017 s.d. 30/5/2017
Seleksi Penilaian Paper, 31/5/2017 s.d. 2/6/2017
Seleksi Wawancara, 5/6/2017 s.d. 7/6/2017
Tahun   : 2017
Jenis   : Shortcourse
Kode   : Short course Role of Audit: Fraud, Investigation and State Loss
Pembiayaan   : SPIRIT
Keterangan   : Dalam rangka mendukung peran serta BPK dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, Biro SDM berencana meningkatkan kompetensi pegawai BPK dengan memilih 20 orang pegawai untuk mengikuti short course di luar negeri pada bulan September 2017. Berkenaan dengan hal tersebut, Biro SDM membuka kesempatan kepada para pegawai untuk mengikuti seleksi tersebut. Pendaftaran seleksi dibuka mulai 17 s.d. 28 April 2017.
Selengkapnya...
Pilihan Pend.   :
Prasyarat   : Usia Maksimum = 55 Tahun
1. Diusulkan oleh Eselon II dari Unit Kerja yang bersangkutan dalam bentuk Nota Dinas kepada Kepala Biro SDM, tembusan Eselon I;
2. Tidak sedang dijatuhi hukuman disiplin atau dalam proses Ankum;
3. Usia maksimal 55 tahun per 17 April 2017;
4. Masa kerja minimal 2 tahun sejak TMT PNS per 17 April 2017;
5. Minimal pangkat Penata Muda, golongan ruang III/a;
6. Pendidikan terakhir minimal S1/D4;
7. Minimal telah 2 tahun sejak mengikuti short course di luar negeri terakhir (per 15 April 2015);
8. Belum pernah mengikuti shortcourse di Luar Negeri dengan tema sejenis;
9. Bersedia menandatangani Surat Pernyataan (Formulir 1);
10. Memiliki sertifikat TOEFL/IELTS yang masih berlaku per 17 April 2017, dengan ketentuan skor minimal sebagai berikut:ITP TOEFL: 500, IBT TOEFL: 60, IELTS: 5;
11. Menulis paper dengan topik "Role of Audit: Fraud, Investigation and State Loss" dalam Bahasa Inggris (minimal 1500 kata).
12. Pernah melakukan salah satu penugasan berikut: (a) Pemeriksaan Investigasi; atau (b) Perhitungan Kerugian Negara; atau (c) Menjadi Saksi atau memberikan Keterangan Ahli di persidangan; atau (d) Membuat temuan berindikasi fraud dan disampaikan ke Aparat Penegak Hukum.
Status   : Proses Seleksi
Tahapan Proses   :
Buka Pendaftaran, 17/4/2017 s.d. 28/4/2017
Seleksi Administrasi, 2/5/2017 s.d. 5/5/2017
Seleksi Penilaian Paper, 8/5/2017 s.d. 19/5/2017
Tahun   : 2017
Jenis   : Shortcourse
Kode   : Program Sertifikasi Profesi CFrA Tahun 2017
Pembiayaan   : Anggaran BPK TA 2017
Keterangan   : Dalam rangka pengembangan kompetensi sumber daya manusia BPK, Biro SDM menyelenggarakan Program Sertifikasi Profesi Certified Forensic Auditor (CFrA) Tahun 2017 bagi pegawai BPK. Program sertifikasi meliputi CFrA exam review course dan CFrA exam. Adapun jumlah peserta yang dibiayai untuk mengikuti program sertifikasi tersebut adalah 25 (dua puluh lima) orang. Pendaftaran program sertifikasi tersebut dibuka mulai tanggal 3 s.d 28 April 2017.
Selengkapnya...
Pilihan Pend.   :
Prasyarat   :
1. Peserta hanya boleh mendaftar satu jenis sertifikasi profesi, memilih antara CFE atau CFrA;
2. Berstatus sebagai PNS dengan masa kerja minimal 5 (lima) tahun;
3. Belum pernah memiliki sertifikasi profesi baik CFE maupun CFrA;
4. Bersedia mengikuti seluruh tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro SDM;
5. Bersedia mematuhi segala kebijakan pengembangan kompetensi SDM;
6. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin maupun proses Ankum atau MKKE;
7. Diusulkan oleh Eselon II dari Unit Kerja yang bersangkutan atau yang dikuasakan (Plh.);
8. Mendapatkan rekomendasi dari atasan setingkat eselon II;
9. Pendidikan terakhir minimal setingkat S-1 / D-IV;
10. Mempunyai pengalaman pemeriksaan minimal 4 (empat) tahun (dibuktikan dengan melampirkan Surat Tugas Pemeriksaan, satu tahun diwakili dengan satu Surat Tugas Pemeriksaan);
11. Diutamakan bagi pegawai yang pernah (salah satu): (1) Melakukan pemeriksaan investigasi (melampirkan Surat Tugas); atau (2) Melakukan perhitungan kerugian negara (melampirkan Surat Tugas); atau (3) Menjadi saksi atau memberikan keterangan ahli di persidangan (melampirkan Surat Tugas); atau (4) Membuat temuan berindikasi fraud dan disampaikan ke Aparat Penegak Hukum dibuktikan dengan surat pernyataan oleh Pejabat Eselon II;
12. Mengisi dan menandatangani Curriculum Vitae dan Surat Pernyataan sebagaimana terlampir;
13. Menyusun Motivation Letter dan Reflective Paper hasil karya sendiri, tidak melakukan plagiarisme, dan bersedia menerima sanksi serta didiskualifikasi apabila terbukti melakukan plagiarisme atau menyampaikan paper hasil karya orang lain;
14. Motivation Letter dan Reflective Paper disusun dengan ketentuan sebagaimana panduan pendaftaran pada Nota Dinas terlampir.
Status   : Proses Seleksi
Tahapan Proses   :
Buka Pendaftaran, 3/4/2017 s.d. 28/4/2017
Seleksi Administrasi, 24/4/2017 s.d. 5/5/2017
Seleksi Penilaian Paper, 8/5/2017 s.d. 12/5/2017
Seleksi Wawancara, 30/5/2017 s.d. 1/6/2017
Tahun   : 2017
Jenis   : Shortcourse
Kode   : Program Sertifikasi Profesi CFE Tahun 2017
Pembiayaan   : Anggaran BPK TA 2017
Keterangan   : Dalam rangka pengembangan kompetensi sumber daya manusia BPK, Biro SDM menyelenggarakan Program Sertifikasi Profesi Certified Fraud Examiner (CFE) Tahun 2017 bagi pegawai BPK. Program sertifikasi meliputi CFE exam review course dan CFE exam. Adapun jumlah peserta yang dibiayai untuk mengikuti program sertifikasi tersebut adalah 25 (dua puluh lima) orang. Pendaftaran program sertifikasi tersebut dibuka mulai tanggal 1 s.d 24 Maret 2017.
Selengkapnya...
Pilihan Pend.   :
Prasyarat   :
1. Peserta hanya boleh mendaftar satu jenis sertifikasi profesi, memilih antara CFE atau CFrA;
2. Berstatus sebagai PNS dengan masa kerja minimal 5 (lima) tahun;
3. Belum pernah memiliki sertifikasi profesi baik CFE maupun CFrA;
4. Bersedia mengikuti seluruh tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro SDM;
5. Bersedia mematuhi segala kebijakan pengembangan kompetensi SDM;
6. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin maupun proses Ankum atau MKKE;
7. Diusulkan oleh Eselon II dari Unit Kerja yang bersangkutan atau yang dikuasakan (Plh.);
8. Mendapatkan rekomendasi dari atasan setingkat eselon II;
9. Pendidikan terakhir minimal setingkat S-1 / D-IV;
10. Mempunyai pengalaman pemeriksaan minimal 4 (empat) tahun (dibuktikan dengan melampirkan Surat Tugas Pemeriksaan, satu tahun diwakili dengan satu Surat Tugas Pemeriksaan);
11. Diutamakan bagi pegawai yang pernah (salah satu): (1) Melakukan pemeriksaan investigasi (melampirkan Surat Tugas); atau (2) Melakukan perhitungan kerugian negara (melampirkan Surat Tugas); atau (3) Menjadi saksi atau memberikan keterangan ahli di persidangan (melampirkan Surat Tugas); atau (4) Membuat temuan berindikasi fraud dan disampaikan ke Aparat Penegak Hukum dibuktikan dengan surat pernyataan oleh Pejabat Eselon II;
12. Mengisi dan menandatangani Curriculum Vitae dan Surat Pernyataan sebagaimana terlampir;
13. Memiliki sertifikat TOEFL/IELTS yang masih berlaku dengan ketentuan skor minimal sebagai berikut: 523 (TOEFL ITP) atau 69 (TOEFL iBT) atau 5,5 (IELTS);
14. Menyusun Motivation Letter dan Reflective Paper hasil karya sendiri, tidak melakukan plagiarisme, dan bersedia menerima sanksi serta didiskualifikasi apabila terbukti melakukan plagiarisme atau menyampaikan paper hasil karya orang lain;
15. Motivation Letter dan Reflective Paper disusun dengan ketentuan sebagaimana panduan pendaftaran pada Nota Dinas terlampir.
Status   : Proses Seleksi
Tahapan Proses   :
Buka Pendaftaran, 1/3/2017 s.d. 24/3/2017
Seleksi Administrasi, 20/3/2017 s.d. 31/3/2017
Seleksi Penilaian Paper, 3/4/2017 s.d. 21/4/2017
Seleksi Wawancara, 8/5/2017 s.d. 12/5/2017
  Untuk akses lebih lanjut silahkan melakukan login
 Agenda Kegiatan

   
User Log In

User Account :
Password :

Silahkan Login dengan USER.NAME email BPK tanpa diikuti @bpk.go.id.

Apabila mengalami kesulitan login, silahkan:
1. menghubungi sub bagian PPK Biro SDM (ext. 1240/1241) atau email ke program.beasiswa@bpk.go.id, atau,
2. berkonsultasi ke Layanan TI 1320/1321, atau LOTI masing-masing perwakilan.

Anda dapat mengganti password email Anda di link ini.
Apabila lupa password, reset di link ini.

Tautan
 
Aplikasi Pengelolaan Tugas Belajar
  Copyright 2012, PPK Biro SDM BPK RI. All Rights Reserved