Aplikasi Pengelolaan Tugas Belajar Jumat, 27 Mei 2016

Aplikasi Pengelolaan Tugas Belajar
V.1.2
2012

Aplikasi Pengelolaan Tugas Belajar merupakan aplikasi yang dikelola oleh Sub Bagian Penilaian dan Pengembangan Kompetensi Biro SDM BPK RI (PPK Biro SDM BPK RI) untuk membantu proses mekanisme penyaringan beasiswa untuk pegawai dalam lingkungan BPK RI serta pemantauan karya siswa yang sedang dalam proses tugas belajar.

Tim Development
Design & Programming (Pratomo H)
Supporting Team (Iwan A W, Ira Ismaniar)
OK

Contact Us

Bila ada pertanyaan, kritik atau saran terkait dengan tugas belajar silahkan menghubungi Sub Bagian Penilaian dan Pengembangan Kompetensi Biro SDM BPK RI (PPK Biro SDM BPK RI) melalui email program.beasiswa@bpk.go.id atau ext. 1240/1241.

OK
 
Aplikasi Pengelolaan Tugas Belajar merupakan aplikasi pendukung untuk mengelola aktifitas-aktifitas yang terkait dengan program tugas belajar dalam lingkup Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.
Tujuan pengembangan aplikasi ini adalah :
  • Mendukung transparansi mekanisme pegawai memporeh kesempatan dalam proses seleksi tugas belajar.
  • Mendukung fungsi Penilaian dan Pengembangan Kompetensi (PPK) biro SDM BPK RI dalam melakukan pemantauan dan supervisi terhadap pelaksanaan tugas belajar.
  • Sebagai media informasi dan komunikasi antar pihak yang terkait.
 Daftar Beasiswa

Tahun   : 2016
Jenis   : Shortcourse
Kode   : Indian Technical and Economic Cooperation (ITEC) Training Programme 2016-2017
Pembiayaan   : Pemerintah India
Keterangan   : ITEC Training Programme akan dilaksanakan selama tahun 2016 – 2017 dengan tema-tema training sebagai berikut:
1. Akuntansi, Audit, Perbankan dan Keuangan;
2. Lingkungan dan Energi yang Terbarukan;
3. Teknologi Informasi, Telekomunikasi dan Bahasa Inggris;
4. Manajemen;
5. Pembangunan Pedesaan;
6. Program Khusus;
7. Program Teknis; dan
8. Program Colombo: Skema Kerja Sama Teknis.

Pemerintah India akan membiayai seluruh pengeluaran, termasuk biaya transportasi dan akomodasi selama training berlangsung. Informasi mengenai persyaratan, tahapan, dan tata cara untuk mengikuti program ini dapat dilihat pada lampiran Nota Dinas ini. Informasi lebih lanjut tentang ITEC, dapat dilihat di www.itecgoi.in.

Selengkapnya...
Pilihan Pend.   :
Prasyarat   : Usia Maksimum = 45 Tahun
Minimum Toefl = 500, Wajib Dipenuhi
1. Pegawai yang memenuhi salah satu kriteria berikut: a. minimal Pangkat Penata Tk. I, golongan/ruang III/d; atau b. minimal Pejabat Eselon IV; atau c. minimal Ketua Tim Yunior.
2. Usia antara 25 sampai dengan 45 tahun.
3. Tiap pelamar hanya boleh mendaftar salah satu program training yang ditawarkan di Daftar Training
4. Pendidikan terakhir minimal setingkat S-1 atau D-IV
5. Minimal telah 2 tahun sejak mengikuti training terakhir
6. Belum pernah mengikuti training yang diadakan oleh ITEC sebelumnya
7. Diusulkan oleh Eselon II dari Unit Kerja yang bersangkutan atau yang dikuasakan (Plh.) dengan melampirkan Nota Dinas penunjukan Plh
8. Mendapatkan rekomendasi dari atasan setingkat eselon II (format terlampir)
9. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik, dibuktikan dengan sertifikat TOEFL/IELTS yang masih berlaku per tanggal mulai training, dengan ketentuan skor minimal ITP TOEFL 500, iBT TOEFL 61, IELTS 6
10. Menyusun Motivation Letter minimal 500 kata dalam Bahasa Inggris dengan sekurang-kurangnya meliputi unsur-unsur sebagai berikut: a. Tujuan mengikuti training; b. Manfaat keikutsertaan training bagi pengembangan satuan kerja ybs. maupun BPK; c. Kesesuaian tugas pokok dan fungsi, pengalaman penugasan, latar belakang pendidikan maupun pelatihan yang pernah diikuti yang terkait dengan training yang akan diikuti; d. Karakteristik kekuatan individu dan kesesuaiannya untuk mengikuti training; e. Rencana aksi yang akan dilakukan setelah mengikuti training;
11. Bersedia mematuhi segala kebijakan pengembangan kompetensi SDM
12. Bersedia mematuhi dan menandatangani Surat Pernyataan (format terlampir)
13. Mengisi dan menandatangani Curriculum Vitae (format terlampir)
14. Pelamar wajib memenuhi persyaratan khusus (eligibility criteria) pada masing-masing program training (course) yang dapat dilihat di Daftar Training
Status   : Buka Pendaftaran
Tahapan Proses   :
Buka Pendaftaran, 25/5/2016 s.d. 17/6/2016
Seleksi Administrasi, 20/6/2016 s.d. 1/7/2016
Seleksi Wawancara, 11/7/2016 s.d. 15/7/2016
Tahun   : 2016
Jenis   : Shortcourse
Kode   : Secondment Australia 2016
Pembiayaan   : ANAO
Keterangan   : Informasi terkait Program Secondment Pemeriksaan Laporan Keuangan berbasis Akrual di Australia:
1. Topik kegiatan:
Secondment Pemeriksaan Laporan Keuangan berbasis akrual dengan studi kasus meliputi:
(a) Social security audit, in health and manpower;
(b) Civil Administration (case study: single identity number);
(c) Introduction of audit based on technology for supporting the executive information system in BPK.
2. Peserta
Dua orang auditor senior
3. Waktu Pelaksanaan
Akhir Juli s.d. akhir September 2016
4. Tempat Pelaksanaan
Kantor Pusat ANAO, Canberra dan AO NSW (Audit Office of New South Wales), Sydney, Australia.

Selengkapnya...
Pilihan Pend.   :
Prasyarat   : Minimum Toefl = 530, Wajib Dipenuhi
1. Pemeriksa pada unit kerja pemeriksaan dengan peran minimal Ketua Tim Yunior (KTY)
2. Diutamakan belum pernah mengikuti kegiatan secondment.
3. Per tanggal 31 Mei 2016, ITP TOEFL 530, iBT TOEFL 71, IELTS 6.
4. Bersedia mengikuti seluruh tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro SDM
5. Bersedia mematuhi segala kebijakan pengembangan kompetensi SDM
6. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin maupun proses Ankum atau MKKE
7. Diusulkan oleh Eselon II dari Unit Kerja yang bersangkutan atau yang dikuasakan (Plh.)
8. Mendapatkan rekomendasi dari atasan setingkat eselon II (format terlampir)
9. Menandatangani Surat Pernyataan (format terlampir)
10. Mengisi dan menandatangani Curriculum Vitae (format terlampir)
11. Menyusun Motivation Letter minimal 500 kata dalam Bahasa Inggris, sekurang-kurangnya meliputi unsur-unsur sebagai berikut: a. Tujuan mengikuti kegiatan secondment; b. Manfaat keikutsertaan kegiatan secondment bagi pengembangan satuan kerja ybs. maupun BPK; c. Kesesuaian tugas pokok dan fungsi, pengalaman penugasan, latar belakang pendidikan maupun pelatihan yang pernah diikuti yang terkait dengan secondment; dan d. Karakteristik kekuatan individu dan kesesuaiannya untuk mengikuti secondment.
12. Menyusun Reflective Paper, 750 – 1500 kata dalam bahasa Inggris, dengan pilihan topik: - Social security audit, in health and manpower; - Civil Administration (case study: single identity number); atau - Audit based on technology for supporting the executive information system. Reflective Paper tersebut sekurang-kurangnya meliputi unsur-unsur sebagai berikut: a. Pemahaman atas topik pilihan; b. Refleksi atas praktek topik pilihan yang ada di BPK maupun Indonesia; dan c. Alternatif solusi yang mungkin dilakukan dalam peningkatan praktek topik pilihan di BPK maupun Indonesia.
Status   : Buka Pendaftaran
Tahapan Proses   :
Buka Pendaftaran, 24/5/2016 s.d. 3/6/2016
Seleksi Administrasi, 6/6/2016 s.d. 8/6/2016
Seleksi Paper (Motivation Letter dan Reflective Paper), 9/6/2016 s.d. 13/6/2016
Seleksi Wawancara, 14/6/2016 s.d. 16/6/2016
Tahun   : 2016
Jenis   : Shortcourse
Kode   : Sertifikasi Profesi CFE dan CFrA 2016
Pembiayaan   : BPK
Keterangan   : Dalam rangka pengembangan kompetensi sumber daya manusia BPK, Biro SDM menyelenggarakan Program Sertifikasi Profesi Certified Fraud Examiner (CFE) dan Certified Forensic Auditor (CFrA) Tahun 2016 bagi pegawai BPK. Program sertifikasi meliputi CFE/CFrA exam review course dan CFE/CFrA exam dengan peserta 20 (dua puluh) orang untuk masing-masing program sertifikasi. Pendaftaran dibuka mulai 16 Mei 2016 sampai dengan 3 Juni 2016
Selengkapnya...
Pilihan Pend.   :
Prasyarat   :
1. Hanya boleh mendaftar satu sertifikasi profesi, memilih antara CFE atau CFrA
2. Berstatus sebagai PNS dengan masa kerja minimal 5 (lima) tahun, dan diutamakan bagi yang belum pernah memiliki sertifikasi profesi
3. Bersedia mengikuti seluruh tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro SDM
4. Bersedia mematuhi segala kebijakan pengembangan kompetensi SDM
5. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin maupun proses Ankum atau MKKE
6. Diusulkan oleh Eselon II dari Unit Kerja yang bersangkutan atau yang dikuasakan (Plh.)
7. Mendapatkan rekomendasi dari atasan setingkat eselon II
8. Pendidikan terakhir minimal setingkat S-1 / D-IV
9. Mempunyai pengalaman pemeriksaan minimal 4 (empat) tahun (dibuktikan dengan melampirkan Surat Tugas Pemeriksaan)
10. Diutamakan bagi pegawai yang pernah (salah satu): a.Melakukan pemeriksaan investigasi (melampirkan Surat Tugas); atau b.Melakukan perhitungan kerugian negara (melampirkan Surat Tugas); atau c.Menjadi saksi atau memberikan keterangan ahli di persidangan (melampirkan Surat Tugas); atau d.Membuat temuan berindikasi fraud dan disampaikan ke Aparat Penegak Hukum dibuktikan dengan surat pernyataan oleh Pejabat Eselon II
11. Menyusun Motivation Letter minimal 500 kata (dalam Bahasa Inggris untuk CFE, Bahasa Indonesia untuk CFrA), sekurang-kurangnya meliputi unsur-unsur sebagai berikut: a.Tujuan mengikuti sertifikasi profesi CFE/CFrA; b.Manfaat keikutsertaan sertifikasi profesi CFE/CFrA bagi pengembangan satuan kerja ybs. maupun BPK; c.Kesesuaian tugas pokok dan fungsi, pengalaman penugasan, latar belakang pendidikan maupun pelatihan yang pernah diikuti yang terkait dengan sertifikasi profesi CFE/CFrA; d.Karakteristik kekuatan individu dan kesesuaiannya untuk mengikuti sertifikasi profesi CFE/CFrA.
12. Khusus pendaftar CFE, memiliki sertifikat TOEFL/IELTS yang masih berlaku dengan ketentuan skor minimal TOEFL ITP 523, TOEFL IBT 69, IELTS 5,5
13. Mengisi dan menandatangani Curriculum Vitae dan Surat Pernyataan;
Status   : Buka Pendaftaran
Tahapan Proses   :
Buka Pendaftaran, 16/5/2016 s.d. 3/6/2016
Seleksi Administrasi, 6/6/2016 s.d. 10/6/2016
Seleksi Paper (Motivation Letter dan Reflective Paper), 13/6/2016 s.d. 17/6/2016
Pengumuman Kelulusan, 1/7/2016 s.d. 1/7/2016
Tahun   : 2016
Jenis   : Shortcourse
Kode   : Seleksi Tim Pemeriksa IAEA
Pembiayaan   : BPK
Keterangan   : Dalam rangka persiapan pelaksanaan pemeriksaan terhadap United Nations International Atomic Energy Agency (IAEA) tahun buku 2016 – 2017 oleh BPK RI, dengan ini kami sampaikan bahwa Biro SDM membuka kesempatan kepada para Pegawai BPK untuk bergabung dalam Tim Pemeriksaan IAEA tersebut. Seleksi ini akan dilakukan untuk memilih ketua dan anggota tim pemeriksaan (keuangan dan kinerja).
Persyaratan Pelamar

1.Persyaratan Umum
a.Seluruh pegawai BPK;
b.Diusulkan oleh pejabat setingkat Eselon II;
c.Menulis makalah dalam Bahasa Inggris terkait IPSAS, ISSAI, dan/atau ISA minimal 1000 kata, yang merupakan ide sendiri dan bersedia menandatangani surat pernyataan orisinalitas (formulir terlampir).

2.Persyaratan Khusus
a.Lolos Clearance untuk memastikan bahwa calon peserta seleksi bebas dari hukuman disiplin dan tidak pernah melanggar kode etik;
b.Mempunyai kompetensi dan pengalaman di bidang pemeriksaan :
Ketua Tim
•Memiliki pengalaman melakukan pemeriksaan minimal sepuluh kali:
-Tim Pemeriksaan Keuangan: Minimal tiga kali pemeriksaan keuangan.
-Tim Pemeriksaan Kinerja: Minimal dua kali pemeriksaan kinerja.
•Pernah berperan sebagai ketua tim minimal lima kali penugasan pemeriksaan.

Anggota Tim
Memiliki pengalaman melakukan pemeriksaan minimal sepuluh kali:
-Tim Pemeriksaan Keuangan: Minimal tiga kali pemeriksaan keuangan.
-Tim Pemeriksaan Kinerja: Minimal dua kali pemeriksaan kinerja.
c.Mempunyai pemahaman terkait IPSAS, ISSAI dan ISA;
d.Mempunyai pengetahuan dan kemampuan menggunakan teknologi informasi yang memadai;
e.Mempunyai kemampuan Bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan;
f.Bagi yang telah lolos ke dalam kategori short-listed candidates akan diharuskan mengikuti Medical Check-up.

3.Dokumen yang dikumpulkan
a.Fotokopi Surat Tugas Pemeriksaan;
b.Makalah dalam Bahasa Inggris terkait IPSAS, ISSAI dan ISA;
c.Surat Pernyataan Orisinalitas;
d.Fotokopi sertifikat pelatihan computer terkait pemeriksaan, seperti CISA, TABK dll;
e.Fotokopi sertifikat TOEFL ITP® 550/ IELTS™ 6,5;
f.Nota Dinas usulan dari pejabat eselon II.

Selengkapnya...
Pilihan Pend.   :
Prasyarat   : Minimum Toefl = 550, Wajib Dipenuhi
Status   : Proses Seleksi
Tahapan Proses   :
Buka Pendaftaran, 28/12/2015 s.d. 15/1/2016
Seleksi Administrasi, 18/1/2016 s.d. 22/1/2016
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi, 22/12/2015 s.d. 22/12/2015
Penulisan Spontan dalam Bahasa Inggris, 25/12/2015 s.d. 25/12/2015
Wawancara dalam Bahasa Inggris, 25/12/2015 s.d. 29/12/2015
Pengumuman Hasil Seleksi Wawancara, 3/2/2016 s.d. 3/2/2016
  Untuk akses lebih lanjut silahkan melakukan login
 Agenda Kegiatan

   
User Log In

User Account :
Password :

Silahkan Login dengan USER.NAME email BPK tanpa diikuti @bpk.go.id.

Apabila mengalami kesulitan login, silahkan:
1. menghubungi sub bagian PPK Biro SDM (ext. 1240/1241) atau email ke program.beasiswa@bpk.go.id, atau,
2. berkonsultasi ke Layanan TI 1320/1321, atau LOTI masing-masing perwakilan.

Anda dapat mengganti password email Anda di link ini.
Apabila lupa password, reset di link ini.

Tautan
 
Aplikasi Pengelolaan Tugas Belajar
  © Copyright 2012, PPK Biro SDM BPK RI. All Rights Reserved